Rental mobil di jogja bisa dilakukan oleh siapapun dengan gampang. Jogja menjadi salah satu surganya bagi para wisatawan. Anda bisa menikmati berbagai tempat wisata di Jogja yang beraneka ragam. Untuk mencapai lokasi tersebut, Anda pun membutuhkan sarana transportasi. Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata bersama keluarga, maka mobil menjadi alternatif yang paling tepat bagi Anda. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui jika ingin rental mobil di Jogja lepas kunci.

  1. Syarat dan Ketentuan
    Untuk melakukan rental mobil lepas kunci, syarat dan ketentuannya pun biasanya sedikit lebih ribet dibandingkan dengan yang tidak lepas kunci atau sekalian dengan sopir. Untuk melakukan rental mobil lepas kunci, Anda perlu menyiapakan kartu identitas (seperti SIM, KTP, Kartu Pelajar/Mahasiswa, maupun Pasport), uang atau barang jaminan dan tentunya sudah memiliki SIM A. Hal tersebut untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diharapkan. Resiko terbesar yang bisa dialami oleh pemilik rental adalah kehilangan mobil jika penyewanya tidak bertanggungjawab. Adanya sopir menjadi semacam pengawas dari pihak rental terutama mengawasi mobil yang dipakai sehingga terhindar dari kemungkinan mobil dibawa lari oleh penyewa. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa harga mobil itu tidak murah sehingga usaha buka rental mobil juga memerlukan modal yang tidak sedikit. Jadi, tidak mengherankan jika sewa mobil lepas kunci memiliki syarat yang lebih berat.
  1. Biaya Sewa
    Jika Anda memilih rental mobil di Jogja dengan lepas kunci, biaya sewa yang harus Anda bayarkan pun tidak murah. Namun, dengan biaya sewa tersebut sebanding dengan kebebasan dan privasi yang Anda dapatkan. Anda bisa bebas pergi ke mana saja dan privasi pun terjamin. Hal ini tentunya tidak Anda dapatkan jika rental mobil dengan sopir.
  1. Kemungkinan Tersesat atau Kesasar Besar
    Jika Anda baru pertama kali ke Jogja atau sudah bertahun-tahun tidak ke Jogja, maka Anda pun memiliki kemungkinan kesasar. Mungkin ada beberapa jalan yang dahulunya tidak searah menjadi searah sehingga Anda pun harus mengambil jalan yang lebih lama dari seharusnya. Kalau nyasar, tentu Anda akan rugi bahan bakar dan waktu. Bayangkan jika Anda harus mengunjungi objek wisata yang tutup jam 16.00, namun jam 15.00 Anda masih mencari jalan gara-gara tersesat. Sudah dapat dipastikan bahwa Anda pun gagal mengunjungi objek wisata tersebut. Belum lagi bahan bakar yang Anda perlukan untuk keliling jalan yang lama tentu lebih banyak dari yang seharusnya.
  1. Lelah
    Apabila memakai sopir, maka Anda pun tinggal memberitahukan tempat yang akan Anda tuju dan Anda bisa istirahat alias tidur di mobil selama perjalanan. Kalau Anda menyopir sendiri, maka Anda pun harus fokus di jalan dan tidak bisa tidur seaktu perjalanan. Apalagi kalau tempat tujuan Anda jauh, maka ada kemungkinan jika Anda justru merasa lelah setelah sampai di tempat tersebut. Akibatnya Anda pun kurang bisa menikmati acara di tempat yang Anda kunjungi. Apabila Anda lelah selama perjalanan, resiko terjadinya kecelakaan pun meningkat. Tujuan rental mobil di Jogja untuk bersenang-senang, namun semua itu bisa sirna jika Anda kelelahan. Penyebab terjadinya kecelakaan di jalan salah satunya adalah faktor kelelahan sehingga sopir menjadi tidak fokus saat mengemudi. Hal tersebut tidak hanya membahayakan sopir dan penumpang dalam mobil, tetapi juga pengendara lain yang berada di sekitarnya.
Kategori: Berita